Menyempurnakan Akhlak Dengan Mengenal Allah


Suatu hari Rasul Saw pernah ditanya oleh seseorang, "Ya Rasul, mengapa engkau diutus ke bumi?". Kemudian Rasul menjawab, "Sesungguhnya hamba diutus ke bumi hanyalah untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak. Oleh karena itu, Islam hadir sebagai agama yang akan membawa umat manusia kepada akhlak yang sempurna. Makin sempurna Akhlak seseorang, maka ia semakin tahu kebenaran Islam. Akhlak yang sempurna akan membawa manusia menuju derajat keimanan yang tinggi, sehingga ia akan menjadi seseorang ahli ibadah. Seorang ahli ibadah, apapun yang dilakukannya didunia ini hanya untuk beribadah kepada Allah.

Akhlak adalah reaksi spontan terhadap suatu kejadian. Orang yang akhlaknya baik, insya Allah reaksi spontannya juga baik. Orang yang akhlaknya jelek, reaksi spontannya pun akan jelek. Mulut, sikap, pikiran dan keputusannya menjadi jelek. Akhlak asli seseorang akan terlihat ketika ia menghadapi yang cocok dengan yang tidak cocok.

Sumber akhlak datangnya dari hati. Hati yang kotor akan menciptakan akhlak yang tidak baik. Sebaliknya, hati yang bersih akan menciptakan akhlak yang baik. Bila diurutkan, hati itu ada 3 tingkatan. Tingkatan yang pertama adalah Qalbun Mayit, yaitu hati yang mati. Hati yang mati tidak bisa mendengarkan apa kata hatinya sehingga yang ia tahu hanya satu, memuaskan nafsu. Tingkatan yang kedua adalah qalbun Marid, atau disebut hati yang berpenyakit. Hati ini dipenuhi oleh penyakit seperti dengki, sombong, syirik kecil, dan sebagainya. Orang yang hatinya berpenyakit, hatinya tidak akan bahagia meskipun ia memiliki kemewahan didunia. Karena pada hakikatnya Dunia tidak disiapkan untuk membahagiakan hati. Sedangkan tingkatan hati yang tertinggi yaitu qalbun salim, atau disebut juga hati yang baik. Puncaknya akhlak tercipta dari hati yang baik ini, hati yang sehat, hati yang selamat dan hati yang bersih. Seperti apakah hati yang sehat, selamat dan bersih? Sederhananya hati yang sehat, selamat dan bersih adalah hati yang telah memutuskan harapannya dari makhluk, sehingga hatinya total hanya berharap kepada Allah.

Lalu bagaimanakah cara kita agar memiliki hati yang baik dan bersih? hati yang baik dan bersih akan tercipta jika kita mengenal dan meyakini Allah. Makin kenal dan yakin kita kepada Allah, makin bersihlah hati ini. Yakin kepada Allah itu ada 3 bagian, yakni ilmul yaqin ( yakin kepada Allah dengan ilmu), ainul yaqin ( yakin ke Allah dengan panca indera) dan haqul yaqin ( yakin ke Allah dengan hati). Jika sudah sampai pada bagian Haqul yaqin sampailah kita pada bersihnya hati yang akan membawa kita pada akhlak yang sempurna.

Mari ajak diri ini untuk membersihkan hati, karena orang-orang yang membersihkan hati itu adalah orang-orang yang beruntung. Seperti yang dikatakan Allah dalam firmannya di surat Asy-Syams ayat 9 sampai 10, "Sungguh beruntung orang yang menyucikan jiwanya, dan sungguh rugi orang yang mengotorinya".

Bersihkanlah hati dengan mendekati dan mengenal Allah, yang kemudian dilanjutkan dengan meyakini Allah. Rasul pun pada awal masa berdakwah memberikan 3 hal kepada para sahabat. Pertama yaitu mengenalkan Allah. Kedua yaitu mengenalkan jalan-jalan menuju kepada Allah. ketiga yaitu mengenalkan konsekuensi, jika dekat kepada Allah apa yang akan didapatkan, dan juga jika jauh dari Allah apa yang akan didapatkan.

Mendekati Allah lebih mudah daripada mendekati manusia, karena jika kita mendekat kepada Allah, Allah pasti mendekat juga kepada kita. berbeda bila kita mendekati manusia, belum tentu jika kita dekati, manusia akan mendekati kita juga. Untuk mendekat kepada Allah, langkah yang harus kita lakukan adalah jangan mengikatkan diri kepada dunia, tapi ikatlah diri pada Allah. Fokuskanlah diri kita hanya kepada Allah. Bila kita sudah terikat dengan Allah, hidup pun akan menjadi lebih enak.

Lebih enak lagi jika kita sudah mengenal Allah, kita akan mengetahui hakikat dari setiap kehendak Allah. Orang yang mengetahui hakikat setiap kehendak Allah, maka dalam hidupnya tak akan ada lagi kegelisahan dalam menghadapi setiap kehendak Allah, tapi yang ada hanyalah kesejukkan, karena dalam hatinya sudah ada keyakinan bahwa setiap kehendak Allah itu pasti baik untuk dirinya.

Sejatinya, apapun yang membuat kita dekat kepada Allah itu adalah keberuntungan. Dan apapun yang membuat kita jauh kepada Allah itu adalah kerugian. Oleh karena itu, apapun kehendak yang ditakdirkan Allah kepada kita, kita jangan berburuk sangka. karena bisa jadi apa yang sering kita anggap tidak baik, bagi Allah itu baik.

Kenalilah Allah lewat tanda kebesaran-kebesaranNya. Contoh sederhananya adalah kita mengenal Allah dengan mengenal diri kita sendiri. Dalam diri ini atau tubuh ini, sungguh terdapat kebesaran Allah yang luar biasa. Tubuh ini rumit, terdapat ratusan triliun sel didalamnya, yang setiap detiknya terjadi proses yang dahsyat didalamnya. ada jantung yang berdetak, ada darah yang mengalir, ada juga otak yang memberi perintah untuk berbicara, mendengar dan yang lainnya. Tidak hanya itu, tetapi didalam tubuh ini masih ada miliaran aktifitas lainnya. Dan miliaran aktifitas yang terjadi didalam tubuh ini terjadi dengan sangat sempurna. Allahu akbar!!

Bila kita sudah dekat dengan Allah, kenal dengan Allah, kemudian yakin kepada Allah, maka hati ini akan senantiasa diserahkan kepada Allah, yang kemudian dari hati tersebut terciptalah akhlak-akhlak yang paling baik. Akhlak yang akan membuat kita lebih mudah dan bahagia dalam menjalani kehidupan didunia ini. Sungguh semuanya sangatlah sederhana, jika ingin memperbaiki akhlak, kita hanya perlu membersihkan hati dengan cara mengenal, mendekati dan meyakini Allah. Dan untuk mengenal, mendekati, dan meyakini Allah, maka kita harus belajar yang namanya ilmu tauhid.

"Sebaik-baik Manusia adalah mereka yang paling baik akhlaknya" (HR. At-Tabrani)

27 Januari 2014 | Penceramah : ulama-Abdullah Gymnastiar-2.jpg | Kegiatan : Ceramah Umum
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AGAM MADANI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger